Memperbaharui feature web Gerakan Seratus Rupiah pada lebaran 1438 H kali ini, admin ingin menyajian suatu tool sederhana yang dapat dipergunakan untuk mensimulasikan perhitungan kalkulator zakat dari penghasilan yang sudah didapatkan.

kalkulator-zakat

Penghasilan profesional oleh mayoritas ulama dikategorikan sebagai jenis harta wajib zakat berdasarkan analogi (qiyas) atas kemiripan (syabbah) terhadap karakteristik harta zakat yang telah ada, yakni:

  • Model memperoleh harta penghasilan dari profesi mirip dengan panen dari hasil pertanian, sehingga harta ini dapat dianalogikan pada zakat pertanian berdasarkan nisab sebesar 653 kg gabah kering giling (setara dengan 522 kg beras) dengan waktu pengeluaran zakat (haul)nya setiap kali menerima penghasilan (gaji).
  • Model harta yang diterima sebagai penghasilan berupa uang, sehingga jenis harta ini dapat dianalogikan pada zakat harta (simpanan atau kekayaan) berdasarkan kadar zakat yang harus dibayarkan sebesar 2,5%. Dengan demikian, apabila pengasilan seseorang telah memenuhi ketentuan ambang batas (nisab) wajib zakat, ia berkewajiban menunaikan zakat atas penghasilannya.

Silakan dihitung zakat penghasilan anda menggunakan simulasi kalkulator zakat berikut ini :

Terima kasih telah mempergunakan feature kalkulator zakat penghasilan kami, silakan salurkan zakat dan sodaqoh anda kepada yang berhak menerimanya. Kami juga bersedia untuk menerima sodaqoh yang Bapak/Ibu/Saudara(i) berikan untuk membiayai pendidikan anak-anak asuh kami agar mereka dapat belajar dan menjadi mandiri di kemudian hari.

Salurkan Donasi Anda Untuk Anak Asuh Gerakan Seratus Rupiah

Melalui Rekening BCA 762.090.0081 a.n. Yayasan Kalpati