Sarapan Bareng – SARENG GESER 5

sareng geser 5

Minggu pagi, 10 FEBRUARI 2019 matahari menghangat dan meninggi lebih cepat. Jam 6:30 tapi teriknya mulai terasa menggerayapi kulit. Kesibukan di area Pasar Anyar dan Pasar Lama mulai meningkat. Tukang becak mulai mengeriyipkan mata lelahnya menawarkan jasa pada orang yang usai belanja. Pegawai kebersihan mulai membereskan pekerjaan yang hampir selesai. Pengasong dan tukang sol sepatu menuju ke tempat mangkalnya. Pemulung melintas dengan karung yang setengah terisi. Mereka adalah pejuang-pejuang nasib yang meninggalkan rumah saat matahari belum terbit. Sudahkah mereka sarapan?

Untuk kegiatan Sareng Geser yang ke-5 ini kami memulai tepat waktu, berbekal evaluasi dari kekurangan di kegiatan sebelumnya. Jam 6:30 WIB mobil yang membawa 400 kotak makan dan 400 botol air mineral telah tiba. Tiap box makan berisi nasi putih hangat, sepotong ayam goreng tepung, mie goreng, dan sambal goreng tempe.

Box makan dan minuman dibagi dalam 3 rute berbeda, dan membagikan sarapan pada tukang becak, pekerja kebersihan, driver ojek, tukang sol sepatu, pemulung, tukang parkir, dan tuntas tandas dalam satu jam saja. Jam 7:36 WIB semua relawan sudah berkumpul kembali di titik awal, dengan keluhan sama, “Masih banyak yang belum kebagian, tapi nasi sudah habis.”

“Kalau begitu, episode 6 kita naikkan target berbagi sarapannya, menjadi 600 pax. Gimana?”

Setuju! Semua menjawab serempak.

***
Sorenya di WA group ketua tim yang pagi tadi tak bisa ikut membagi sarapan mengirim tulisan:

Sore ini saya sedang di Pasar Lama, bersama istri mau menjemput anak di Stasiun Tangerang. Saya nggak sengaja melihat seorang bapak paruh baya, seorang tukang parkir, sedang membawa kotak makan Sareng Geser yang kita bagi tadi pagi.

Dia buka kotak makan itu pelahan, lalu mulutnya komat-kamit seperti membaca doa. Kami kira nasi itu akan dimakan, tapi ternyata ditutup lagi. Dimasukkan tas plastik lalu dikaitkan di sepedanya. Kami merasa penasaran lalu bertanya, “Kenapa nggak jadi dimakan, Pak?”

“Mau saya makan, tapi saya ingat anak saya di rumah. Anak saya suka makan chicken (ayam goreng tepung).”

Jleb! 😢
Nasi yang dibagi dari tadi pagi itu disayang-sayangnya untuk anaknya sampai sore.. Duh..

Betapa kadang sedikit yang kita beri ternyata bermakna lebih besar untuk orang lain.

***

Kita menganggap sarapan adalah hal biasa. Bahkan kita bisa memilih hari ini sarapan nasi goreng atau lontong sayur. Sarapan toast and jam atau bubur ayam. Sarapan nasi pecel atau nasi uduk. Kita punya banyak pilihan setiap pagi untuk mengganjal perut. Mengeluarkan 50 ribu untuk sarapan berdua adalah hal biasa saja.

Namun lihatlah sekeliling, tajamkan rasa.
Berapa banyak orang yang tak seberuntung kita, sehingga harus bekerja dan mengerahkan tenaganya tanpa sarapan? Apakah sempat kita melirik wajah-wajah mereka yang sesekali melihat dengan perih ke tumpukan kue-kue hangat, tanpa sanggup membeli sebelum ada pelanggan memakai tenaganya? Betapa mereka berharap bisa menghilangkan dingin di perut dengan sepiring nasi uduk hangat.

Kita bisa sesekali memberikan kebahagiaan pada mereka yang kurang beruntung, dengan menyajikan sarapan lengkap bergizi, di suatu pagi. Menikmati wajah-wajah sumringah penuh syukur menerima sekotak sarapan yang entah sudah berapa puluh pagi mereka lewati.

Hanya dengan Rp 16,000/box – kita bisa melengkungkan senyum pada seraut wajah. Senyum penuh syukur yang jauh lebih berharga dari belasan ribu rupiah yang kita donasikan, karena bisa menyisipkan rasa bahagia di dalam hati kita.

Ingin berpartisipasi?
Kirimkan donasi Anda ke Rekening Yayasan Kalpati
BCA 7620-9000-81
Dengan kode nominal 6 untuk acara Sareng Geser
Contoh Rp 160,006,-

Karena berbagi tak akan pernah merugi!

Catatan:
Sareng Geser 6 akan dilaksanakan akhir April 2019, dengan budget:
– 600 box makan x 16,000
– 600 botol air mineral x 2,000
Total Rp 10,800,000,–

sareng geser 5

Seluruh donasi terkumpul digunakan sepenuhnya untuk paket makan dan minum yang dibagi saja. Biaya transportasi acara, konsumsi relawan, kaos seragam, ditanggung secara pribadi masing-masing

Salam Berbagi!

Please follow and like us: