tas penyebab sakit

Tas sekolah merupakan salah satu perlengkapan sekolah yang hampir dimiliki oleh setiap anak. Bentuknya pun bervariasi, mulai dari ransel, selempang, bahkan yang berbentuk seperti trolley. Namun tahukah Anda bahwa pemakaian Tas sekolah yang berat dan salah angkat dapat mengakibatkan kelainan tulang belakang pada anak di masa pertumbuhan?

Penyebabnya adalah Sekolah yang masih dengan paradigma kuno yang masih mewajibkan semua buku pelajaran dibawa ke sekolah. Padahal di era digital ini seharusnya sekolah sudah bisa mengurangi penggunaan buku disemua mata pelajaran… Syukur-syukur kalau sudah Digital class yang tak perlu pakai buku lagi…

Banyak anak-anak dengan tas berat mengalami skoliosis, Kifosis, Lordosis dan stress

Stress…?
Ya stress dimana setiap hari anak yang dengan tas Trolley harus menggotong tasnya naik tangga hingga ke lantai atas. Sementara yang memakai tas selempang atau ransel mengalami pergeseran dan pembengkokkan tulang plus kelelahan karena harus mengangkat beban yang tak sesuai umurnya…

Miris…?
Iya… namun hal ini tak pernah jadi perhatian sekolah-sekolah tersebut. Karena bagi mereka yang penting bayar spp dan mereka gugur kewajiban mengajar. Urusan efek pada anak…? EGP…(emang gue pikirin…?)

  • tas sekolah penyebab penyakit

Apa saja penyebab Kelainan tulang belakang akibat pemakaian tas sekolah yang salah…?

1. Skoliosis

Skoliosis adalah kondisi melengkungnya tulang belakang ke samping secara abnormal. Skoliosis merupakan salah satu kelainan tulang belakang yang paling sering terjadi. Hal ini salah satunya bisa disebabkan karena penggunaan tas selempang dengan beban berlebih pada anak, sehingga dapat menyebabkan kelengkungan tulang belakang tulang belakang ke samping.

2. Kifosis

Kifosis adalah kelainan tulang belakang yang melengkung ke depan atau yang sering dikenal dengan istilah bungkuk. Kifosis yang paling banyak terjadi adalah yang disebabkan kelengkungan berlebih pada tulang belakang. Hal ini dapat terjadi pada anak karena terlalu banyak membungkuk dan menggendong tas dengan beban terlalu berat.

3. Lordosis

Lordosis adalah kelainan dimana tulang belakang bagian bawah melengkung ke belakang secara berlebihan sehingga seolah-olah tulang tertarik ke depan. Lordosis dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti kelainan tulang belakang saat bayi, atau gangguan pada pertumbuhan tubuh yang disebabkan oleh faktor mekanik seperti penggunaan tas sekolah yang salah.

Semoga para pendidik memahami tas penyebab sakit ini.
☝️🙄

#Pedulilah dengan masa depan anak-anak generasi bangsa….
#Berubahlah
#Lihat dunia sudah berubah